Demo George Floyd, Bisa Picu Gelombang Dua Corona

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Jenderal Ahli Bedah Amerika Serikat Jerome Adams memperingatkan ancaman gelombang dua pandemi virus corona akibat unjuk rasa massal yang dipicu kematian George Floyd. Ribuan orang yang turun ke jalan berpotensi menularkan virus Covid-19.

“Saya khawatir terhadap konsekuensi kesehatan masyarakat, baik individu dan institusi serta orang-orang yang protes dengan cara yang berbahaya bagi diri mereka sendiri dan bagi kelompok mereka,” kata Adams.

Demonstrasi merupakan aktivitas warga yang bertentangan dengan imbauan jaga jarak fisik dan berpotensi menjadi sumber baru penularan Covid-19. “Berdasarkan cara penyebaran penyakit, selalu ada alasan terjadi klaster baru dan potensi wabah baru,” ujarnya.

Jangankan mempersiapkan gelombang kedua, AS saat ini masih berjuang keras untuk menekan penyebaran virus corona. Hingga saat ini tercatat ada 1.881.205 kasus corona di AS dan 108.059 kematian. Meski angka penularan masih tinggi, sejumlah negara bagian telah membuka kembali kegiatan warga. (*)

BERITA REKOMENDASI