Demonstran Hong Kong Semakin Brutal, Ini Ancaman China

CHINA, KRJOGJA.com – Pemerintah China kembali memperingatkan para demonstran Hong Kong pada hari ini, Selasa 6 Agustus 2019. Beijing mengatakan pengunjuk rasa tidak boleh meremehkan "kekuatan besar pemerintah pusat."

"Kami ingin menjelaskan kepada sekelompok kecil penjahat yang tidak bermoral dan kejam serta pasukan kotor di belakang mereka – mereka yang bermain api akan binasa karenanya," kata China dalam sebuah dokumen, lapor Channel News Asia dikutip Selasa (6/8/2019).

"Pada akhirnya, mereka akan dihukum," lanjut dokumen yang sama.

Pernyataan itu datang sebagai peringatan kuat dari China atas protes yang telah berlangsung selama beberapa bulan terakhir. Khususnya, dengan adanya kekacauan akibat bentrok selama berminggu-minggu.

Demonstrasi yang dimaksud awalnya disebabkan oleh RUU ekstradisi yang akan memungkinkan warga Hong Kong untuk diadili oleh pemerintah China daratan. Namun, gerakan itu berkembang masif hingga menuntut reformasi demokrasi.

Saat ini, pemerintah di Beijing masih dengan tegas mendukung kepolisian Hong Kong yang terlibat bentrok dengan demonstran beberapa waktu terakhir. Tak hanya itu, China juga tengah bersikukuh mempertahankan kepemimpinan Carrie Lam yang menghadapi tuntutan dari massa aksi untuk mengundurkan diri.(*)

BERITA REKOMENDASI