Denmark Denda Perempuan Berniqab

Editor: Ivan Aditya

DENMARK, KRJOGJA.com – Hukum di Denmark menjatuhkan denda kepada seorang perempuan yang mengenakan penutup wajah di depan umum. Ini merupakan penerapan hukuman tersebut di negara tersebut setelah aturan kontroversial itu disahkan.

Media Denmark melaporkan bahwa polisi dipanggil ke satu pusat perbelanjaan di kota Horsheim karena perempuan yang memakai niqab ini terlibat pertikaian dengan perempuan lain yang mencoba melepaskan cadarnya.

Baca juga :

Denmark Sepakat Larang Penggunaan Cadar

Bertemu Orangtua dalam Mimpi, Alasan Nikita Mirzani Berhijab

"Cadar itu lepas ketika mereka berkelahi, tapi dia segera memasang kembali ketika kami tiba," kata David Borchersen, polisi pike.

Polisi kemudian mengambil foto perempuan yang mengenakan niqab itu, dan menyita rekaman cctv yang ada di pusat perbelanjaan tersebut. Perempuan tersebut diberi tahu bahwa dia dikenakan denda sebesar US$156 yang akan dikirim melalui pos.

Dia pun diminta memilih: melepas cadarnya atau pergi dari tempat umum. "Dia memilih untuk meninggalkan lokasi itu," kata Borchersen.

Mulai 1 Agustus, mengenakan burqa yang menutup seluruh wajah seseorang atau niqab yang hanya memperlihatkan mata di depan umum bisa dikenai denda sebesar US$156.  Aturan ini juga meliputi aksesori yang menutup wajah seperti topeng, balaklava dan janggut palsu. (*)

BERITA REKOMENDASI