Dewan Amerika Bandingkan Cara Trump dan Obama Selesaikan Demo Antirasial

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Dewan Amerika meminta Donald Trump mendamaikan demonstrasi antirasial menyusul kematian George Floyd. Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi mencontohkan langkah mantan Presiden George W Bush dan Obama ketika menghadapi gelombang demonstrasi.

Barack Obama ketika menjabat menghadapi krisis usai kematian etnis kulit hitam, Eric Garner yang tewas setelah leher dan dadanya ditekan oleh polisi. “Kami berharap Presiden Amerika Serikat bisa mengikuti jejak presiden sebelum dia dengan mendamaikan keadaan dan bukan menyulut keadaan semakin memanas,” ujar Pelosi.

Pelosi juga mengkritik pose Trump saat mengacungkan Alkitab sambil berdiri di depan Gereja Apiskopal St. John. Ia mengatakan Alkitab yang dibawa Trump hanya simbol untuk menolak tindakan kekerasan terhadap pedemo yang menggelar aksi damai.

Sikap Trump yang dinilai memperkeruh kondisi juga sempat menuai protes dari Kepala Kepolisian Houston, Texas, Art Acevedo. Bahkan Acevedo meminta Trump untuk tutup mulut jika tidak memiliki pernyataan yang bisa menenangkan keadaan dan meredam aksi demonstran. (*)

BERITA REKOMENDASI