Di London, Bitcoin Boleh untuk Zakat

SETELAH menunggu sekira satu jam, pimpinan Masjid Ramadan yakni Erkin Ramadan Guney akhirnya muncul di kafe samping masjid yang dikenal juga dengan nama Shacklewell Lane di London Timur.

Guney meminta maaf karena tiba terlambat di masjid –yang dulu dibangun ayahnya Ramadan Guney– dan kami langsung memulai wawancara dengan pertanyaan utama: Cara pembayaran zakat dalam bentuk bitcoin?

"Mereka ke internet, masuk ke Masjid Ramadan, atau UK Turkish Islamic Trust, dan prosedurnya ada di sana tentang cara menyumbang. Sangat jelas di situsnya tentang cara menyumbang. Lalu yang kami lakukan, kami memiliki sistem dengan salah satu orang kami menunjukkan cara menerjemahkan sumbangan menjadi uang sebenarnya di negara ini, menjadi poundsterling," kata Guney.

"Kami melakukan itu. Kami berusaha mencari pembeli terbaik pada tingkat tertinggi. Kami menukarnya, kami mentransfer ke rekening kami," lanjut Guney.

Layanan zakat bitcoin pertama di Inggris ini diluncurkan pada 17 Mei 2018 dengan spanduk yang dipajang di luar pagar dan di dekat kubah masjid yang memperlihatkan logo bitcoin selain situs internet.

Sampai seminggu sebelum hari raya Idul Fitri sudah sembilan orang yang memberikan zakat dalam bentuk bitcoin senilai 2.000 poundsterling atau hampir Rp40 juta. mereka antara lain berasal dari Dubai, India, dan Maritius. (*)

BERITA REKOMENDASI