Di Tengah Hujan Salju, Presiden Afghanistan Sambut Jokowi

KABUL, KRJOGJA.com – Presiden Republik Indonesia tiba di Afghanistan di tengah hujan salju yang turun mengguyur Ibu Kota Kabul. Meski begitu, dinginnya salju tidak mengurangi kehangatan sambutan yang diberikan oleh pemerintah Afghanistan.

Kedatangan Presiden Jokowi di Kabul disambut langsung oleh Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani bersama pejabat tinggi Afghanistan termasuk Wakil Presiden Sarwar Danish, Menteri Luar Negeri Salahudin Rabbani, Menteri Keuangan Eklil Hakimi. Duta Besar Afghanistan untuk Indonesia Roya Rahmani, Gubernur Kabul Mohammad Yaqoub Haidan, sera Wali Kota Kabul Abdullah Habibzal juga turut dalam rombongan penyambutan.

Kedua presiden berjalan berdampingan di atas karpet merah penyambutan di bawah lindungan payung. Sementara pasukan jajar kehormatan yang menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Bandara Internasional Hamid Karzai tetap tegap berdiri di sisi jalan.

Sambutan hangat yang diberikan oleh pemerintah Afghanistan diapresiasi oleh Presiden Jokowi. Dalam akun media sosialnya, Presiden Jokowi menyatakan terima kasih kepada Pemerintah Afghanistan atas sambutan yang diberikan.

“Terima kasih Presiden Ashraf Ghani, terima kasih Afghanistan, yang telah menyambut saya dengan hangat. Semoga Allah SWT menganugerahkan kedamaian di negeri ini,” tulis Presiden Jokowi dalam akun Facebooknya.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Afghanistan bertujuan untuk memperkuat hubungan bilateral antara dua negara dan diplomasi perdamaian Indonesia. Indonesia secara aktif memberi dukungan untuk pembangunan perdamaian di Afghanistan yang berkelanjutan.

Kunjungan ini juga merupakan sebuah momen bersejarah karena Presiden Jokowi adalah Presiden Indonesia pertama yang mengunjungi Afghanistan dalam waktu 57 tahun.  Terakhir kalinya Presiden Republik Indonesia ke Afghanistan adalah kunjungan kenegaraan Presiden Sukarno pada tahun 1961. (*)

 

BERITA REKOMENDASI