Diam-diam Biden Hubungi Putin

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Presiden AS Joe Biden berbincang untuk pertama kalinya dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, melalui sambungan telepon. Dalam perbincangan tersebut, keduanya membahas rekonsiliasi hubungan dua negara.

“Presiden Vladimir Putin menekankan bahwa normalisasi hubungan antara Rusia dan Amerika Serikat akan memenuhi kepentingan kedua negara dan seluruh komunitas internasional,” kata pernyataan Kremlin.

Sementara itu, komunikasi yang akhirnya terjadi antara pemimpin kedua negara dalam empat tahun terakhir itu juga membahas sejumlah hal, salah satunya kekhawatiran AS atas perlakuan Rusia terhadap tokoh oposisi Kremlin, Alexei Navalny.

Navalny diketahui dipenjara setelah kembali ke Moskow pada pekan lalu. Kepolisian Rusia langsung menangkap Navalny pada 17 Januari, usai dirawat dan menjalani masa pemulihan di Jerman akibat dugaan diracun.

Navalny selama ini adalah aktivis yang paling keras menentang Putin. Dia juga menuduh Putin dan sejumlah anggota kabinetnya korupsi dan hidup mewah.

Akibat aktivitasnya, Navalny sudah keluar masuk penjara. Dia diduga hendak dibunuh dengan menggunakan racun saraf Novichok, yang merupakan senjata kimia yang dibuat di era Uni Soviet.

Selain itu, Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki menyebut komunikasi keduanya juga membahas proposal Biden memperpanjang perjanjian senjata nuklir New START dengan Rusia selama lima tahun. (*)

BERITA REKOMENDASI