Diam-diam Xi Jinping Surati Kim Jong-un

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Presiden Xi Jinping mengirimkan surat kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Hal itu dilakukan guna memperkuat komitmen hubungan antara China dan Korea Utara.

“Saya dan Pimpinan Kim telah menjalin hubungan antara kedua pihak dan negara untuk memasuki periode bersejarah baru melalui komunikasi yang erat dan mendalam selama beberapa tahun terakhir,” kata Xi Jinping.

Ia tak merinci perubahan cepat di dunia yang ia maksud. Namun, Xi Jinping diperkirakan menyinggung masalah pandemi Covid-19 di dunia serta peningkatan persaingan antara China dan Amerika Serikat.

Dalam surat itu, Xi Jinping juga menyatakan China bersedia mengembangkan hubungan yang bersahabat dan panjang bersama Korea Utara, sembari mencoba membuat keadaan lebih sejahtera bagi kedua negara. Xi Jinping melontarkan pernyataan ini setelah Kim Jong-un mengirimkan pesan dalam rangka merayakan Hari Nasional China ke-71 pada awal Oktober.

Pesan tersebut bertujuan memperlihatkan hubungan bilateral kuat kedua negara di tengah persaingan yang semakin mendalam antara China dan Amerika Serikat setelah menghentikan pembicaraan denuklirisasi. (*)

BERITA REKOMENDASI