Dicopot dari Menteri, Bunuh Diri

ITANAGAR (KRjogja.com) – Mantan menteri Arunachal Pradesh, negara bagian India, ditemukan tewas gantung diri. Menteri yang bernama Kalikho Pul (47) itu diduga bunuh diri setelah pengadilan memutuskan untuk mencopot jabatannya pada bulan lalu karena dianggap tidak sah.

Pul saat itu bergabung bersama Kongres sampai akhir 2015, ketika ia memberontak bersama sebagian besar legislator Partai Bharatiya Janata untuk menentang kepala menteri Nabam Tuki. Lalu pada Februari, ia diangkat menjadi menteri dengan dukungan dari partainya.

Namun, penunjukkan Pul menjadi menteri itu dianggap tidak sah. Menurut putusan Mahkamah Agung, gubernur tidak memiliki wewenang untuk mengangkat majelis melewati pemerintah negara bagian.

Dilansir NDTV, Selasa (9/8/2016), keluarga menemukan jasad Pul di kamar rumah dinasnya di Itanagar, India, yang belum dikosongkan. Karyawan rumah tangganya mengatakan PUl mengalami depresi dan kesal akan keputusan dari Mahkamah Agung. Sebuah buku catatan yang sengaja ditulis Pul sebelum ia mengakhiri hidupnya ditemukan di lokasi kejadian, dan kini sedang diperiksa polisi. "Dia telah melakukan bunuh diri," terang Nabam Tuki, seorang anggota parlemen senior oposisi Partai Kongres.    (*)

BERITA REKOMENDASI