Dikabarkan Tewas, Wartawan Rusia Muncul di Ukraina

Editor: Ivan Aditya

UKRAINA, KRJOGJA.com – Wartawan Rusia sekaligus pengkritik kebijakan Presiden Rusia Vladimir Putin yang dilaporkan meninggal tertembak di Ukraina, muncul dalam keadaan hidup pada konferensi pers di televisi Ukraina. Ia menyatakan pembunuhannya dipalsukan oleh dinas keamanan Ukraina untuk menggagalkan rencana pembunuhan dirinya.

Arkady Babchenkos sebelumnya dikabarkan tewas di gedung apartemennya di ibu kota Ukraina Kiev, Selasa (29/05/2018). Ukraina menyalahkan Rusia atas kematian wartawan tersebut.

Namun, ia kemudian muncul bersama pejabat keamanan Ukraina dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di televisi pada Rabu sore (30/05/2018).

Dinas Keamanan Ukraina mengatakan telah merancang skenario kematian wartawan tersebut sebagai upaya untuk menggagalkan rencana Rusia membunuh Babchenko. Kepala Dinas Keamanan Ukraina (SBU) Vasyl Hrytsak menyebut operasi tersebut telah disusun selama dua bulan ini.

Dalam akun resmi Twitter-nya, Dinas Keamanan Ukraina mengatakan pihaknya memutuskan untuk melakukan operasi demi mengumpulkan bukti aktivitas teroris oleh layanan khusus Rusia di wilayah tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI