Dirjen WHO Mundur

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Roberto Azevedo, hari ini resmi mengundurkan diri dari jabatannya dan didapuk menjadi petinggi di PepsiCo.

Azevedo resmi mundur setelah tujuh tahun sebagai Direktur Jenderal WTO. Dia akan menduduki posisi baru sebagai wakil presiden eksekutif dan kepala urusan perusahaan PepsiCo, menurut pernyataan dari raksasa minuman dan makanan ringan Amerika Serikat itu.

Perusahaan itu mengatakan pihaknya telah menciptakan peran untuk Azevedo yang akan bekerja untuk “memperkuat upaya keterlibatan eksternal PepsiCo dengan (otoritas) nasional dan internasional, regulator, organisasi internasional, dan pemangku kepentingan non-pemerintah”.

Kepala PepsiCo, Ramon Laguarta, mengatakan Azevedo akan membawa “keterampilan politik dan pengetahuan teknis yang berharga tentang lingkungan sosial, politik, dan peraturan yang kompleks” yang berdampak pada perusahaan.

“Senang bergabung dengan PepsiCo pada saat memperkuat hubungan antara bisnis, pemerintah, dan masyarakat adalah hal yang penting untuk menghasilkan pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan dan inklusif,” ujar Azevedo dalam sebuah pernyataan.

Pada Mei lalu, Azevedo membuat pengumuman mengejutkan yang menyebutkan bahwa ia akan mengakhiri masa jabatan keduanya di WTO 12 bulan lebih awal, karena “alasan pribadi”. Dia pergi saat organisasi itu berada dalam berbagai krisis. (*)

BERITA REKOMENDASI