Ditawan 3 Tahun, Boko Haram Bebaskan 82 Siswi

ABUJA, KRJOGJA.com – Kelompok militan Boko Haram membebaskan 82 orang siswi dari Kota Chibok yang mereka culik pada April 2014. Puluhan siswi itu dibebaskan dengan barter para tawanan dari kelompok militan tersebut. Pembebasan itu diumumkan oleh Kantor Kepresidenan Nigeria lewat pernyataan resmi.

Sekira 270 orang siswi diculik oleh Boko Haram tiga tahun lalu. Puluhan sandera sudah berhasil melarikan diri. Tetapi, lebih dari 200 orang sandera lainnya masih dinyatakan hilang setelah diculik lebih dari tiga tahun.

Nigeria berterima kasih kepada Swiss dan Komite Internasional Palang Merah yang membantu mengamankan pembebasan 82 siswi setelah negosiasi yang panjang,” bunyi pernyataan resmi Kantor Kepresidenan Nigeria, mengutip dari Reuters, Minggu (7/5/2017).

Presiden Muhammadu Buhari akan menyambut 82 orang gadis itu di Ibu Kota Abuja pada Minggu siang waktu setempat. Sumber dari pihak militer mengatakan, gadis-gadis itu dibawa keluar dari Banki ke Maiduguri pada pagi hari waktu setempat sebelum dibawa ke Abuja untuk bertemu Presiden Buhari. (*)

BERITA REKOMENDASI