Dituduh Terlibat Korupsi, Presiden Tolak Mundur

Editor: Ivan Aditya

PERU, KRJOGJA.com – Presiden Peru Pedro Pablo Kuczynski membantah dirinya bersalah atas tuduhan korupsi yang melibatkan Odebrecht, perusahaan global asal Peru.

Dalam pidato yang ditayangkan secara nasional, Kuczynski mengakui bahwa dia adalah pemilik firma, Westfield Capital Ltd, yang dituduh menerima suap dari Odebrect. Namun Kuczynski menegaskan dia tidak mengelolanya saat menduduki jabatan publik.

"Saya adalah orang yang jujur seumur hidup saya. Saya ingin membela kebenaran," kata Kuczynski, 79 tahun, mantan bankir Wall Street.

Dia menyatakan siap menyerahkan hak kerahasiaan perbankan dan diperiksa Kongres, maupun Jaksa Agung. Odebrecht menjadi pusat skandal korupsi terbesar Amerika Latin sejak mengaku telah menyuap politisi di belasan negara.

Perusahaan global yang bergerak di bidang konstruksi, rekayasa, kimia dan petrokimia itu tidak menyebut nama-nama penerima sogokannya di Peru. Tapi telah berjanji untuk bekerja sama dengan Jaksa Agung untuk mengungkapkan siapa saja yang terlibat dalam skema pembayarannya. (*)

BERITA REKOMENDASI