DIY Tuan Rumah Hari Yoga Internasional

JAKARTA, KRJOGJA.com – DI Yogyakarta akan menjadi tuan rumah Hari  Yoga Internasional (International Day of Yoga). Rencananya acara tersebut akan diselenggarakan di Kompleks  Candi Prambanan pada 22-23 Juni 2019 mendatang. 
Selain di Yogyakarta, juga di selenggarakan di 4 kota lainnya seperti, Bali, Makassar, Surabaya, Medan.

“Acara IDY tahun ini paling penting akan diadakan di Yogyakarta, acara ini akan diadakan di depan situs Prambanan, yang melambangkan koneksi budaya dan spritual yang menghubungkan India dan Indonesia,” kata Duta Besar Republik India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat, di Jakarta, Senin (17/6).

Dikatakan Rawat, hari Yoga mempunyai nilai penting dalam meningkatkan hubungan antara Indonesia dengan India yang memiliki kesamaan dalam mengembangkan budaya olah tubuh yoga. Penyelenggaraan  International Day of Yoga tahun ini mempunyai arti sangat penting dalam meningkatkan hubungan kedua negara India-Indonesia. Tahun ini hubungan diplomatis India-Indonesia memasuki tahun ke-70. 

Bahkan dengan  kegiatan Yoga, menurut  Rawat, selain meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran juga mendukung kegiatan pariwisata.

Sementara itu Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Nia Niscaya menjelaskan, kegiatan yoga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan mancanegara (wisman) dari India untuk datang ke Indonesia khususnya ke Candi Prambanan Yogyakarta dan Bali sebagai destinasi favourit untuk festival yoga. "Bali paling digemari masyarakat India untuk melakukan aktivitas yoga. Juga di Kompleks Candi Prambanan Yogyakarta paling disukai untuk festival yoga," kata Nia.

Penyelenggaraan festival yoga internasional di Candi Prambanan menurut Nia, diharapkan akan meningkatkan kunjungan wisman India ke Indonesia yang pada April 2019 lalu sebanyak 48.700 wisman atau tumbuh 1,4 persen dibandingkan April tahun 2018. Sementara pada tahun 2018 yang lalu jumlah kunjungan wisman India ke Indonesia mencapai 595.050 wisman atau tumbuh 9,77 persen dibandingkan tahun 2017. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI