DPR Pantau Pelaksanaan Ibadah Haji

MAKKAH, KRJOGJA.com – Terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 2019, DPR RI melakukan kunjungan dan pengawasan melibatkan empat komisi, yakni Komisi 3, 5, 8 dan 9!di bawah pimpinan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah.

"Ada empat sasaran yang dikunjungi untuk memastikan penyelenggaraan ibadah haji berjalan dengan baik sesuai harapan masyarakat dan jemaah, meliputi akomodasi, kesehatan, transportasi dan konsumsi," ucap Ketua Komisi 8 DPR RI sekaligus Ketua Rombongan Pengawas Haji DPR Ali Taher kepada Tim MCH 2019, Minggu (4/8).

Menurut Ali, hal paling penting yang akan ditinjau meliputi semua tugas dan kewajiban yang diputuskan dengan DPR dapat berjalan dan memberikan kepastian kenyamanan keamanan hingga kepuasan jemaah  maupun seluruh penyelenggara ibadah haji. Diperkuat 80 personil dengan tupoksi masing-masing lanjut Ali menandakan DPR sangat serius memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara yang dilaksanakan Kementerian Agama.

Selama 15 hari hingga masa puncak Armuzna, catatan yang didapat akan menjadi rekomendasi untuk evaluasi. Sebab pihaknya sadar manajemen penyelengaraan ibadah haji meliputi tiga tahap, yakni persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.

"Lima periode terakhir ini DPR mengawal dan mempercepat proses persiapan haji, termasuk menetapkan biaya ongkos hajinya secara lebih cepat. Alhamdulilah perbaikan-perbaikan itu lebih cepat dilakukan sehingga masyarakat mendapat perhatian lebih besar, termasuk penetapan ongkos BPIH," imbuhnya.

Sementara dalam pengawasan katering yang dilakukan rombongan kedua dipimpin H Marwan Dasopang menilai layanan yang diberikan pihak perusahaan katering sudah baik. Termasuk bahan baku serta juru masak dari Indonesia dinilai sudah memenuhi peraturan zonasi yang diterapkan mulia tahun ini.

"Kalau hanya bumbu tanpa diolah ornag Indonesia rasanya juga kurang enak. Dengan bumbu Indonesia dan diolah oleh orang Indonesia pula, cita rasa Nusantara akan lebih terjamin," ucap Marwan (Feb)

BERITA REKOMENDASI