Dua Negara Ini Kompak Tekan Korut

SEOUL, KRJOGJA.com – Jepang dan Korea Selatan (Korsel) dilaporkan sepakat untuk bekerjasama untuk semakin menekan Korea Utara (Korut). Kesepakatan itu dicapai usai Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Korsel Moon Jae-in mengadakan dialog melalui sambungan telefon.

Sambungan telefon itu diadakan pada Selasa 30 Mei 2017 hanya berselang sehari setelah Korut kembali mengadakan uji coba rudal. Sebagaimana dikutip dari Korea Herald, Selasa (30/5/2017), juru bicara Moon, Park Soo-hyun, menjelaskan bahwa dialog itu berlangsung selama 20 menit.

Abe menyatakan, tidak ada artinya berdialog dengan Korut dan saat ini merupakan waktu yang tepat untuk terus menekan negara tersebut. Jubir Moon mengatakan, Presiden Korsel setuju dengan Abe, namun tetap berpandangan bahwa sanksi dan tekanan harus diberikan agar membawa Pyongyang kembali bernegosiasi demi membahas denuklirisasi Semenanjung Korea.

“Itulah sebabnya masyarakat internasional di satu sisi merespons dengan tegas dan di sisi lainnya untuk terus mengirim pesan bahwa dialog (tetap) dimungkinkan jika Korut menghentikan pengembangan nuklirnya,” tambah Park Soo-hyun. (*)

BERITA REKOMENDASI