Dubes AS untuk Meksiko Mundur

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Duta besar Amerika Serikat untuk Meksiko Roberta Jacobson mengumumkan pengunduran dirinya, Kamis (01/03/2018). Diplomat senior yang telah berkarier selama 30 tahun itu menyatakan akan mengundurkan diri mulai 5 Mei mendatang. Jacobson dikenal sering mengemukakan perbedaan pendapatnya dengan Presiden Donald Trump secara terbuka.

"Keputusan semakin sulit karena keyakinan saya yang mendalam akan pentingnya hubungan AS-Meksiko dan mengetahui saat ini adalah saat yang sangat penting," kata Jacobson.

Jacobson, 57 tahun, menambah jumlah diplomat senior dan pejabat tinggi Departemen Luar Negeri AS yang mundur di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump. Keputusan Jacobson itu muncul di tengah hubungan AS-Meksiko yang sedang berada di titik rendah akibat ancaman-ancaman yang dilancarkan Trump untuk meninggalkan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) dan memaksa Meksiko membiayai pembangunan tembok perbatasan.

"Setelah 31 tahun mengabdi kepada pemerintah AS, saya akan pergi (meninggalkan jabatan sebagai duta besar, red) pada awal Mei untuk mencari kesempatan-kesempatan baru. Saya pergi dalam keadaan tahu bahwa hubungan AS-Meksiko kuat dan penting," tulisnya dalam pernyataan di Twitter.

Surat kabar Meksiko Reforma memberitakan bahwa Trump berencana mencalonkan mantan Kepala Perusahaan AT&T Ed Whitacre sebagai duta besar berikutnya untuk Meksiko. Kementerian Luar Negeri Meksiko mengatakan pihaknya belum tahu siapa yang akan menggantikan Roberta. (*)

BERITA REKOMENDASI