Dubes RI di China Ditugasi untuk Cari Info Soal Isu Uighur

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengatakan bahwa pihaknya tengah mencari tahu tentang kondisi dan situasi yang sebenarnya terjadi di China terkait dengan kelompok etnis Uighur di mana isu tentang etnis itu sedang 'merebak' di Tanah Air dalam beberapa waktu terakhir.

Juru bicara Kemlu, Arrmanatha Nasir, pada Kamis, 20 Desember 2018 di Jakarta mengatakan, "Kita meminta dubes kita di Beijing untuk mencari informasi lebih lanjut tentang keadaan yang sebenarnya di sana (China) seperti apa."

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pun telah menyampaikan isu tersebut kepada Dubes China untuk Indonesia pada 17 Desember 2018.

Pada kesempatan itu, Kemlu menegaskan bahwa deklarasi HAM PBB, kebebasan beragama, dan keyakinan, merupakan hak asasi setiap manusia dan dalam hal ini merupakan tanggung jawab setiap negara untuk menghormatinya.

"Dubes RRT (Republik Rakyat Tiongkok) telah menyampaikan komitmennya terhadap perlindungan HAM dan sependapat bahwa informasi dan kondisi masyarakat Uighur adalah hal yang penting untuk diketahui publik," tambah Arrmanatha pada Rabu 19 Desember di Bandung.

"Walaupun merupakan isu dalam negeri, Kemlu RI mencatat keinginan kedutaan besar RRT di Jakarta untuk terus memperluas komunikasi dengan berbagai kelompok masyarakat madani, untuk menyampaikan informasi mengenai kondisi masyarakat Uighur di RRT," lanjutnya.(*)

BERITA REKOMENDASI