Dubes Saudi Tuntut Penjelasan Amerika

Editor: Ivan Aditya

ARAB, KRJOGJA.com – Khalid bin Salman, adik Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman sekaligus Duta Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat, mengklaim tidak pernah menelepon Jamal Khashoggi sebelum jurnalis pengkritik itu dibunuh di Istanbul, Turki.

"Seperti yang kami katakan kepada The Washington Post, kontak terakhir saya dengan Khashoggi melalui pesan tertulis pada 26 Oktober 2017," tulis Khalid melalui akun Twitter pribadinya.

Klaim ini dilontarkan tak lama setelah The Washington Post merilis berita yang mengungkap Badan Intelijen Pusat AS (CIA) sudah menarik simpulan bahwa Pangeran Mohammed memerintahkan pembunuhan Khashoggi.

CIA menarik simpulan ini setelah menggali berbagai sumber intelijen, termasuk panggilan telepon antara Khashoggi dengan Khalid. Dalam percakapan tersebut, Khalid mengatakan kepada Khashoggi bahwa wartawan itu harus pergi ke konsulat Saudi di Istanbul untuk mengambil dokumen yang dibutuhkan. Khalid menjamin segalanya akan aman ketika Khashoggi datang ke konsulat. (*)

BERITA REKOMENDASI