Dukungan PBB, Kemenangan Palestina

Editor: Ivan Aditya

PALESTINA, KRJOGJA.com – Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyambut baik hasil Sidang Darurat Khusus Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Markas PBB, New York. Sebanyak 128 dari 193 negara PBB sepakat untuk mendukung resolusi yang menolak keputusan Amerika Serikat soal Yerusalem.

Juru bicara Abbas, Nabil Abu Rudeineh, mengatakan resolusi itu merupakan kemenangan bagi bangsa Palestina. "Voting kemarin merupakan kemenangan bagi Palestina. Kami akan melanjutkan upaya di PBB dan seluruh forum internasional lainnya untuk mengakhiri penjajahan dan mendirikan negara Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya," kata Rudeineh di Ramallah.

Rudeineh mengatakan resolusi PBB yang turut didukung empat anggota tetap Dewan Keamanan PBB itu menegaskan kembali bahwa tidak ada pihak yang bisa mengubah kenyataan terkait status Yerusalem yang sudah ditetapkan hukum internasional.

"Keputusan ini menegaskan kembali sekali lagi bahwa Palestina mendapat dukungan dari hukum internasional dan tidak ada keputusan dari pihak mana pun yang bisa mengubah kenyataan," kata Rudeineh.

Sementara itu faksi Palestina, Hamas, menganggap resolusi PBB kemarin merupakan pukulan telak bagi upaya Israel untuk menjadikan Yerusalem sebagai "wilayah Yahudi". Langkah  PBB itu telah mempertegas penolakan terhadap keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, 6 Desember lalu. (*)

BERITA REKOMENDASI