Dunia di Ambang Perang Nuklir, Ini Ketakutan Paus Fransiskus

VATIKAN, KRJOGJA.com – Paus Fransiskus berkomentar bahwa dirinya sangat khawatir terhadap potensi ancaman perang nuklir. Bahkan sang Takhta Suci Vatikan menyebut, kini dunia sudah "di ambang batas" menuju peperangan semacam itu.

"Saya pikir kita sudah di ambang batas (menuju perang nuklir)," kata Paus Fransiskus di Vatikan menjawab pertanyaan dari sejumlah jurnalis, sebelum terbang untuk melawat ke Chile dan Peru, seperti dilansir dari CNBC, Selasa (16/1/2018).

Melanjutkan komentarnya tentang perang nuklir, ia mengatakan, "Saya sangat takut dengan hal itu. Satu insiden (nuklir) cukup untuk memicu rangkaian hal lainnya."

Dalam kesempatan yang sama, seorang pejabat Vatikan membagikan sebuah foto yang diambil pada 1945.

Foto itu menunjukkan seorang bocah Jepang yang tengah menggendong jenazah saudaranya yang tewas dalam serangan bom atom Amerika Serikat di Nagasaki, 9 Agustus 2018.

Mengomentari foto-foto tersebut, Paus Fransiskus mengatakan, "(Hati) saya tergerak saat melihat (foto) itu. Satu-satunya yang bisa saya pikirkan adalah bahwa itu merupakan 'buah' peperangan."

"Saya ingin agar foto-foto itu dicetak ulang dan didistribusikan, karena gambar seperti itu berbicara lebih banyak daripada 1.000 kata," ia menambahkan.

Komentar itu bukan kali pertama sang paus berbicara tentang isu nuklir.

Pada November 2017 lalu, dalam sebuah ceramah, Paus Fransiskus pernah mengatakan bahwa setiap negara seharusnya tidak menimbun nuklir, bahkan hanya demi efek penggentar-jeraan (nuclear detterence), demi menghindari potensi perang nuklir.(*)

BERITA REKOMENDASI