Duta Besar Rusia Tewas Ditembak Saat Pidato

Editor: Ivan Aditya

ANKARA (KRjogja.com) – Duta Besar Rusia untuk Turki ditembak mati oleh pria tak dikenal di sanggar seni di ibu kota Turki, Senin (19/12/2016). Pria tak dikenal yang bersenjata ditembak mati segera setelah serangan itu. Peristiwa ini diduga akibat hubungan Moskow dengan Ankara yang sejak lama bermasalah atas perang di Suriah di mana keduanya mendukung pihak berlawanan.

Kementerian luar negeri Rusia memastikan serangan dilakukan saat Duta Besar Andrei Karlov berpidato pada pembukaan pameran foto. Saksi mengatakan tembakan terdengar beberapa saat setelah serangan itu. Rusia dan Turki terlibat dalam perang di Suriah di seberang perbatasan tempat lebih dari dua juta pengungsi Suriah ditampung.

Turki menjadi penentang keras Presiden Bashar Assad, sementara Rusia mengerahkan tentara dan kekuatan udaranya mendukung pemimpin Suriah tersebut. Ketegangan meningkat dalam beberapa pekan belakangan saat pasukan Suriah dukungan Rusia berjuang menguasai bagian timur kota Aleppo, yang memicu aliran pengungsi. (*)

BERITA REKOMENDASI