Duterte Ajak Indonesia Gelar Operasi Gabungan

Editor: Ivan Aditya

FILIPINA, KRJOGJA.com – Presiden Rodrigo Duterte disebut mengusulkan Filipina, Indonesia, dan Malaysia merencanakan operasi keamanan bersama di perairan Sulawesi, Sulu dan Sabah di mana pembajakan dan penyanderaan oleh kelompok bersenjata kerap terjadi. Duterte menyampaikan langsung usulan tersebut saat bertemu dengan Duta Besar Indonesia untuk Filipina, Sinyo Harry Sarundajang, di Manila beberapa waktu lalu.

"Presiden Duterte mengatakan puas dengan mekanisme kerja sama trilateral selama ini terkait patroli laut terkoordinasi bersama, tapi beliau mengusulkan ada peningkatannya menjadi joint operation," kata Harry.

Duterte mengusulkan gagasan ini menyusul penculikan dua anak buah kapal WNI oleh kelompok bersenjata diduga Abu Sayyaf yang kembali terjadi di Sabah pada 11 September lalu. Meski begitu, Harry tak menjelaskan lebih rinci operasi bersama seperti apa yang dimaksud Duterte.

Ia hanya mengatakan kerja sama keamanan seperti itu harus disepakati oleh ketiga negara terutama lembaga-lembaga yang terlibat, seperti militer. (*)

BERITA REKOMENDASI