Duterte Dukungan Pernikahan Sesama Jenis

Editor: Ivan Aditya

FILIPINA, KRJOGJA.com – Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyatakan dukungan terhadap pernikahan dan hubungan sesama jenis. Pernyataan tersebut diduga bakal menuai kecaman Gereja Katolik, dimana mayoritas rakyat Filipina adalah penganut agama Katolik yang taat.

“Saya katakan saya mendukung pernikahan sesama jenis jika itu adalah tren zaman modern. Jika itu menambah kebahagiaan Anda, saya mendukungnya,” kata Duterte.

Duterte juga meminta komunitas LGBT untuk menunjuk seorang perwakilan untuk ditempatkan di pemerintahannya dengan mengatakan dirinya memerlukan orang-orang cemerlang untuk menggantikan sejumlah pejabat yang baru dipecat karena tuduhan korupsi. Pernyataan itu berlawanan dengan pernyataan Duterte sebelumnya yang menyatakan bahwa pernikahan di Filipina hanya terjadi antara pria dan wanita.

Mantan Wali Kota Davao itu juga kerap mengangkat isu gender untuk menyerang negara Barat yang mendukung pernikahan sesama jenis. Terutama negara yang mengkritik kebijakan anti-narkobanya yang dianggap sarat dugaan pelanggaran hak asasi manusia. (*)

BERITA REKOMENDASI