Duterte Minta Maaf Kepada Obama

Editor: Ivan Aditya

FILIPINA, KRJOGJA.com – Presiden Filipina Rodrigo Duterte minta maaf kepada mantan Presiden AS Barack Obama karena menyebutnya anak pelacur pada 2016 yang menyebabkan hubungan kedua negara sekutu ini mencapai titik terendah. Duterte mengemukakan makian ini sebagai balasan atas kritik yang dikeluarkan AS secara terus menerus terhadap kebijakan keras mengatasi masalah narkoba di Filipina.

Akan tetapi, presiden Filipina ini mengatakan hubungan negaranya dengan Amerika semakin membaik sejak Presiden Donald Trump berkuasa. Duterte menyebut Trump sebagai "teman baik" yang menggunakan "bahasa yang sama dengan saya".

"Saat ini sangat pantas untuk mengatakan kepada Obama bahwa dia sekarang warga biasa dan saya minta maaf karena mengeluarkan pernyataan itu," ujar Duterte.

Presiden Filipina ini mendarat di Israel untuk melakukan kunjungan empat hari yang bertujuan mencari negara pejual peralatan militer baru dan juga menciptakan langkah melindungi pekerja asal negara itu di luar negeri. "Jika (dalam) hati anda memaafkan, maafkan. Saya telah memaafkan anda, seperti kepada pacar saya ketika bujangan…saya sudah memaafkan mereka semua," kata Duterte. (*)

BERITA REKOMENDASI