Duterte Sanggah Pernyataan Jokowi

Editor: Ivan Aditya

FILIPINA (KRjogja.com) – Filipina meluruskan pernyataan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang mengutip kata Presiden Rodrigo Duterte yang memberikan lampu hijau kepada pemerintah Indonesia untuk mengeksekusi mati Mary Jane. Filipina menyebut Duterte hanya meminta Presiden Jokowi Widodo untuk mengikuti hukum yang berlaku di Indonesia.

”Silakan ikuti aturan hukum (di negara) Anda. Saya tidak akan ikut campur,” ucap juru bicara kepresidenan Filipina, Ernesto Abella.

Abella menegaskan, Duterte tidak pernah memberikan pernyataan kepada Jokowi untuk mendorong eksekusi mati terhadap Mary Jane. “Tidak ada bentuk dukungan (untuk eksekusi mati). Dia hanya berkata, Ikuti aturan hukum (negara) Anda,” tegas Abella.

Dalam pernyataan terpisah, Menteri Luar Negeri Filipina Perfecto Yasay menyampaikan penegasan senada. Yasay termasuk salah satu menteri yang terus mendampingi Duterte dalam kunjungan perdanannya ke Jakarta, pekan lalu. ”(Duterte) Tidak memberikan apa yang disebut sebagai ‘lampu hijau’ untuk eksekusi mati Mary Jane Veloso,” terang Yasay. (*)

BERITA REKOMENDASI