Duterte Siap Bangun Kembali Marawi

Editor: Ivan Aditya

FILIPINA, KRJOGJA.com – Pemerintah Filipina mempersiapkan rencana komprehensif untuk merehabilitasi dan membangun kembali Kota Marawi yang hancur akibat pertempuran antara militer dan militan Maute. Juru Bicara Presiden Ernesto Abella menyatakan, program pembangunan ini akan dibiayai oleh dua pihak, yaitu Perusahaan Hiburan dan Mainan Filipina (Pagcor) yang akan menggelontorkan dana 10 juta peso atau setara Rp2,6 miliar, sementara sisanya diambil dari anggaran nasional.

"Dana Pagcor akan digunakan untuk bantuan keuangan Presiden. Bantuan sosial Marawi berasal dari anggaran nasional," ujar Abella.

Abella mengatakan, fokus bantuan ini adalah untuk keluarga tentara dan polisi yang tewas dalam pertempuran. Mereka akan menerima rumah melalui otoritas perumahan nasional. Biaya sekolah anak-anak mereka juga akan dibantu pemerintah.

Sementara itu, penguasaha Marawi akan diberikan bantuan berupa pinjaman dari Bank Tanah Milik Negara Filipina.  Rehabilitasi di lapangan akan dipimpin Kepala staf militer, Jenderal Eduardo Ano. Kini, Angkatan Bersenjata Filipina telah mengerahkan para insiyur militer dan peralatan ke lapangan. (*)

BERITA REKOMENDASI