Efek Pandemi Covid-19, Singapore Airlines PHK 2.400 Pegawai

SINGAPURA, KRJOGJA.com – Grup perusahaan Singapore Airlines (SIA) mengumumkan keputusan sulit untuk memangkas sekitar 4.300 posisi di seluruh maskapai penerbangannya.

Setelah memperhitungkan pembekuan perekrutan, pengurangan alami dan penerapan skema pengunduran diri sukarela, jumlah staf potensial yang terkena dampak akan dikurangi menjadi sekitar 2.400 di Singapura dan di kantor perwakilan di luar negeri.

Chief Executive Officer Singapore Airlines Goh Choon Phong mengatakan, ia tak pernah mengira pandemi Covid-19 bakal sangat menghancurkan industri penerbangan global.

Mengingat jalan menuju pemulihan akan panjang dan penuh dengan ketidakpastian, dengan sangat menyesal dirinya harus menerapkan langkah-langkah pengurangan pegawai.

“Harus melepaskan orang-orang kami yang berharga dan berdedikasi adalah keputusan tersulit dan paling menyakitkan yang harus saya buat dalam 30 tahun saya bersama SIA. Bagi mereka yang akan terkena dampaknya, hal ini bukan merupakan refleksi dari kekuatan dan kemampuan mereka, tetapi merupakan akibat dari krisis global yang belum pernah terjadi sebelumnya yang telah melanda industri penerbangan,” tuturnya dalam keterangan tertulis, seperti dikutip Sabtu (12/9/2020).

“Beberapa minggu ke depan akan menjadi minggu-minggu terberat dalam sejarah grup perusahaan SIA, karena beberapa teman dan rekan sekerja kami akan meninggalkan perusahaan. Kami akan melakukan proses ini dengan sikap yang hormat dan adil, dan melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa mereka menerima semua dukungan yang diperlukan selama masa sulit ini,” sambungnya.

Menurut dia, keputusan ini diambil perlu diambil mengingat jalan panjang menuju pemulihan industri penerbangan global sebagai dampak pandemi Covid-19 yang melemahkan. Serta kebutuhan mendesak grup perusahaan maskapai penerbangan ini untuk beradaptasi dengan masa depan yang tidak pasti.

BERITA REKOMENDASI