Elektabilitas Joe Biden Ungguli Trump

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden, unggul 15 poin dari sang petahana, Presiden Donald Trump, dalam survei pemilihan presiden terbaru yang dibuat Quinnipiac University. Mayoritas pemilih yang terdaftar dalam jajak pendapat itu atau 52 persen responden menyatakan akan mendukung Biden dalam pilpres November mendatang.

Sementara itu, sebanyak 37 persen responden lainnya menuturkan akan mendukung Trump. Selisih suara Biden dan Trump tersebut semakin besar jika dibandingkan dengan survei pada Juni lalu, di mana Biden mendapat dukungan 49 persen dan Trump 41 persen.

Selain dukungan, jajak pendapat itu mendapati bahwa semakin banyak pemilih yang kecewa dengan kinerja pemerintahan Trump, terutama terkait pelemahan ekonomi yang diperburuk oleh penanganan pandemi virus corona (Covid-19).

Selain Quinnipiac University, survei yang dibuat NBC/WSJ kemarin juga memperlihatkan bahwa Biden memimpin suara mayoritas dengan dukungan 51 persen, sementara Trump hanya meraup 40 persen suara.

Berbeda dengan Quinnipiac jajak pendapat NBC/WSJ masih menemukan bahwa 54 persen responden mendukung cara Trump menangani perekonomian AS, sementara 42 persen sisanya tidak mendukung. (*)

BERITA REKOMENDASI