El-Sisi Diperkirakan Menangi Pilpres Mesir

Editor: Ivan Aditya

MESIR, KRJOGJA.com – Rakyat Mesir mengikuti pemilihan presiden yang diperkirakan bakal dimenangkan dengan mudah oleh petahana Presiden Abdel Fattah El-Sisi. El-Sisi merupakan pemimpin kudeta militer Mesir yang menggulingkan Mohammed Mursi, presiden pertama yang terpilih secara demokratis pada 2013.

Dia berusaha mendapatkan empat tahun masa jabatannya yang kedua, setelah yang pertama dia sebut berhasil membawa stabilitas dan keamanan di Mesir. Satu-satunya penantang El-Sisi dalam pemilihan yang bakal digelar 26-28 Maret ini adalah Moussa Mostafa Moussa, pendukung lawasnya yang disebut-sebut sebagia penantang pura-pura.

Partai Moussa, Partai Ghad sebenarnya mendukung El-Sisi untuk masa jabatan kedua, sebelum Moussa muncul di detik-detik terakhir sebagai penantang. Moussa membantah tuduhan bahwa dia dipakai untuk menampilkan persaingan yang palsu. Komisi pemilihan menyatakan bahwa mereka akan menjamin pemungutan suara bakal berlangsung adil dan transparan.

Tokoh-tokoh oposisi mengeluhkan respresi dan menyerukan boikot terhadap pemilihan. Namun banyak warga Mesir melihat bahwa El-Sisi, mantan jenderal yang bersekutu dengan Amerika Serikat itu, penting bagi stabilitas negara, sejak kerusuhan 2011 telah berdampak buruk bagi perekonomian. (*)

BERITA REKOMENDASI