Empat Mahasiswa Belajar Hidup di ‘Antariksa’

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Smpat mahasiswa Aeronautika dan Astronautika di Beijing Tiongkok mencoba merasakan hidup di antariksa. Dengan keadaan terkunci rapat di balik pintu baja bunker yang terletak di pinggir kota Beijing, mereka mencoba untuk mengetahui rasanya tinggal dalam sebuah stasiun luar angkasa di planet lain.

Mahasiswa-mahasiswa tersebut adalah bagian dari sebuah proyek penelitian yang bertujuan untuk menciptakan sebuah ekosistem yang disebut ekosistem mandiri. Harapannya, ekosistem mandiri dapat membuat dan menghasilkan semua kebutuhan manusia dalam bertahan hidup di luar angkasa.

Empat siswa dari Universitas Aeronautika dan Astronautika Beijing telah memasuki Lunar Palace-1 pada hari Minggu untuk hidup mandiri di dalam bunker itu selama 200 hari. Mereka dengan senang hati menjadi kelinci percobaan. Mereka beranggapan bahwa hal itu akan membuat mereka semakin mudah dalam menggapai impian mereka menjadi astronaut.

"Saya akan belajar begitu banyak hal dari percobaan ini," ujar Liu Guanghui, seorang mahasiswa program doktor yang memasuki bunker Lunar Palace-1 pada hari Minggu. "Ini akan menjadi pengalaman baru dalam hidup saya." (*)

BERITA REKOMENDASI