Empat Negara Siap Bantu Atasi Krisis Qatar

Editor: Ivan Aditya

QATAR, KRJOGJA.com – Isolasi yang dilakukan Arab Saudi dan sejumlah negara Teluk lainnya tak membuat Qatar gentar akibat krisis pangan. Qatar terus melakukan sejumlah upaya untuk meminimalkan efek negatif dari blokade.

Selain mengimpor makanan dari Iran, Qatar juga menjadikan pelabuhan Oman sebagai jalur pengiriman barang-barang dari luar negeri ke Doha. Oman telah bersedia membuka pelabuhannya untuk negara kecil yang kaya gas alam tersebut.

Blokade yang dilakukan Arab Saudi dan rekan-rekannya sempat membuat sejumlah kalangan khawatir dengan persediaan pangan di Qatar. Pasalnya, selama puluhan tahun mereka bergantung pada impor makanan yang didatangkan lewat Saudi.

Dengan dibukanya pelabuhan Oman tersebut, Qatar kini memliki lebih banyak jalur untuk mendatangkan makanan impor ke Pelabuhan Hamad. Makanan impor untuk kebutuhan warga bisa didatangkan langsung dari pelabuhan Salalah di Oman ke pelabuhan mereka di Doha.

Selain Oman dan Iran, negara lainnya seperti Turki dan Kuwait juga membantu meringankan beban Qatar usai diisolasi Saudi dan sejumlah negara tetangganya. Turki bahkan bukan hanya membantu menyalurkan makanan ke Doha, melainkan juga akan mengirimkan pasukannya ke sana.

Sementara Kuwait membantu memediasi konflik antara Qatar dan sejumlah negara tetangganya agar bisa perseteruan yang telah berlangsung lebih dari sepekan ini bisa segera diakhiri. Kuwait dan Oman menjadi dua negara Arab yang tak memusuhi Qatar setelah Saudi memutuskan hubungan dengan negeri pemilik gas alam terbesar di Arab tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI