Empat Pengusaha Korsel Sahabat TKI Terima Ambassador Award

Editor: Ivan Aditya

SEOUL (KRjogja.com) – Sebanyak 4 pengusaha Korea Selatan menerima penghargaan dari Dubes John Prasetio. Mereka dinilai telah memberikan fasilitas yang lebih dari ketentuan yang berlaku bagi TKI. Diplomasi per-TKI-an itu diharapkan dilanjutkan di masa-masa datang.

Malam penganugerahan the Ambassador Award yang dihelat di Wisma Duta Seoul, Jumat (26/08/16) terasa meriah. Selain pengusaha Korea penerima award yang menenteng beberapa pekerja Indonesia, hadir juga Wamenlu AM Fachir dan imam besar masjid Istiqlal, Prof. Dr. Nasaruddin Umar.

Dubes mengatakan, pemberian award tersebut merupakan salah satu upaya KBRI dalam perlindungan TKI di Korsel yang jumlahnya mencapai lebih dari 33 ribu orang. Hal ini juga berarti Pemerintah Indonesia memberikan apresiasi kepada pengusaha yang telah berjasa menyediakan fasilitas yang bisa dianggap sangat memadai.

Sebanyak 3 CEO yang mendapatkan award adalah pengusaha yang menggeluti bidang makanan, metal dan teknologi laser. Mereka umumnya hanya mempekerjakan orang asing asal Indonesia, memberikan tempat tinggal yang baik, makanan halal serta libur di hari-hari besar nasional Indonesia tertentu. Satu CEO lain mendapatkan award karena dianggap sangat humanis, membantu pengobatan seorang TKI yang terkena penyakit kanker yang akut hingga sembuh lalu mempekerjakannya kembali.

Wamenlu AM Fachir yang juga ikut menyerahkan award menggarisbawahi bahwa kegiatan inspiratif ini dinilai sangat positif dan perlu dilanjutkan di masa-masa mendatang. Pekerja Indonesia telah memberikan kontribusi bagi pembangunan Korea sehingga berhak mendapatkan perlakuan yang baik dari pengusaha Disana. "Pesan saya kepada penerima award, sebarkan apa yang talah Anda lakukan kepada pengusaha lainnya," katanya.

Menurut database KBRI Seoul, saat ini terdapat 513 perusahaan Korea yang mempekerjakan TKI Indonesia dengan gaji dasar sekitar Rp 14 juta per bulan. Sebanyak 234 diantaranya bersedia disurvey oleh KBRI Seoul dan akhirnya menggerucut menjadi 4 pengusaha penerima award.

Selain para CEO, malam kemarin, KBRI juga memberikan penghargaan kepada Indra Wijayanto, Kepala Indonesia Trade Promotion Centre (ITPC) di Busan, karena selama dua tahun lebih terus memberikan pembinaan dan perlindungan kepada WNI di Busan dan sekitarnya. (*)

BERITA REKOMENDASI