Era Baru Pertemuan Dua Pemimpin Korea

Editor: Ivan Aditya

KORSEL, KRJOGJA.com – Korea Utara menganggap pertemuan antara Kim Jong Un dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In pada Jumat (27/04/2018) sebagai momen bersejarah dan dianggap sebagai sebuah era baru. Anggapan era baru itu muncul setelah kedua pemimpin di Semenanjung Korea tersebut berjanji akan mengupayakan perdamaian secara permanen dan membersihkan kawasan dari senjata nuklir.

Kantor berita milik pemerintah Korea Utara, KCNA mengunggah teks Deklarasi Panmunjom secara utuh yang berisi anggapan tersebut dan juga mengungkapkan pertemuan itu sebagai pembuka jalan untuk rekonsiliasi nasional dan persatuan, perdamaian, dan kemakmuran. Hal ini menjadi sebuah tahapan bersejarah setelah bertahun-tahun Pyongyang bersikukuh menolak menyerahkan senjata nuklir yang mereka sebut sebagai pedang berharga, dengan alasan mempertahankan diri dari peluang invasi Amerika Serikat.

Seoul beranggapan Korea Utara telah menawarkan untuk bernegosiasi menggantikannya dengan jaminan keamanan, meski Kim tidak menunjukkan tanda-tanda itu.Korea Utara telah membuat kemajuan pesat dalam program senjata di bawah kepemimpinan Kim, seperti melakukan uji coba nuklir keenam kalinya dan jadi yang paling kuat pada tahun lalu. (*)

BERITA REKOMENDASI