Erdogan Komentari Keputusan Trump

Editor: Ivan Aditya

TURKI, KRJOGJA.com – Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Presiden Donald Trump memiliki kewenangan untuk menghindarkan Turki dari sanksi AS terkait pembelian sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia.

Turki memang seharusnya terjerat sanksi AS berdasarkan Countering America's Adversaries Through Sanctions Act (CAATSA). Undang-undang itu sebenarnya mengatur tentang sanksi atas Iran, Korea Utara, dan Rusia. Negara mana pun yang melakukan transaksi, terutama jual beli senjata, dengan ketiga negara tersebut juga akan dijatuhi sanksi. "Trump memiliki kewenangan untuk memberikan pengecualian atau menunda CAATSA," ujar Erdogan.

Pernyataan ini disampaikan dua hari setelah Turki menerima pengiriman tahap pertama sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia. "Karena sudah terjadi, Trump harus mencari jalan tengah," ucap Erdogan.

Sebelumnya, Erdogan juga menyatakan bahwa Trump sempat menyatakan simpati atas posisi Turki dalam kisruh pembelian S-400 ini saat kedua pemimpin bertemu di sela KTT G20 bulan lalu.

Menurut Trump, Turki terpaksa membeli S-400 dari Rusia karena pemerintahan AS sebelum Trump tak mengizinkan negara pimpinan Erdogan itu membeli sistem pertahanan Patriot buatan Raytheon Co.

"Saat ini, saya kira Trump memiliki opini yang berbeda dengan orang-orang di bawahnya dan dia juga sudah mengatakan hal itu di hadapan media dunia," tutur Erdogan. (*)

BERITA REKOMENDASI