Erdogan Minta Myanmar Selesaikan Krisis Rohingya

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Iran Hassan Rouhani sepakat mendorong Myanmar segera menyelesaikan krisis kemanusiaan di negara bagian Rakhine yang terus mengincar etnis minoritas Muslim Rohingya. Ketiganya bertemu dalam pertemuan contact group negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di sela-sela Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat, Selasa (19/09/2017).

Dalam pertemuan yang juga dihadiri Perdana Menteri Bangladesh dan Perdana Menteri Pakistan itu, Indonesia menekankan bahwa Myanmar mesti segera mengembalikan stabilitas dan keamanan di Rakhine dengan tetap melindungi seluruh masyarakat di sana.

“Indonesia meminta Myanmar untuk mengembalikan stabilitas di Rakhine State. Selain itu juga ditekankan pentingnya bagi Myanmar untuk melindungi dan menghormati HAM bagi semua komunitas, termasuk komunitas Islam di sana,” papar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi usai mendampingi Wapres.

Sebagaimana dijelaskan dalam penyataan yang diterima CNNIndonesia.com pada Rabu (20/9), dalam pertemuan itu Indonesia juga menyampaikan kembali lima rekomendasinya untuk membantu penyelesaian masalah di Rakhine.

Lima rekomendasi itu antara lain dorongan kepada pemerintah Myanmar untuk segera mengembalikan keamanan di Rakhine dan desakan bagi Naypyidaw untuk tidak menggunakan kekerasan dalam segala penyelesaian konflik. (*)

BERITA REKOMENDASI