Erdogan Perbaiki Hubungan dengan Putin

Editor: Ivan Aditya

TURKI (KRjogja.com) – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa pembicaraan yang akan berlangsung dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow akan membuka lembaran baru dalam hubungan Turki dan Rusia. Erdogan kini menyebut Putin sebagai teman.

”Ini akan menjadi kunjungan bersejarah, sebuah awal baru. Saya percaya bahwa sebuah lembaran baru akan dibuka (selama) negosiasi dengan teman saya Vladimir,” kata Erdogan.

Presiden Turki juga menekankan pentingnya upaya Rusia di Suriah dengan mengakui bahwa rekonsiliasi konflik Suriah mustahil tanpa Rusia. Sebelumnya, Kremlin juga menyampaikan harapan bahwa posisi Turki di Suriah akan menjadi lebih konstruktif.

Hubungan antara kedua negara sempat memburuk setelah Turki menembak jatuh sebuah jet militer Rusia di perbatasan Suriah-Turki pada bulan November 2015. Setelah kejadian itu, Rusia menjatuhkan sejumlah sanksi terhadap Turki, termasuk embargo impor pangan, larangan penerbangan charter ke Turki hingga larangan mempekerjakan warga negara Turki.

Hubungan mulai membaik, setelah Erdogan mengungkapkan penyesalannya atas insiden itu. Erdogan juga berniat memulihkan hubungan dengan Rusia. (*)

BERITA REKOMENDASI