Erdogan Usul Bentuk Dewan Kerja Sama Indonesia – Turki

Editor: Ivan Aditya

TURKI, KRJOGJA.com – Presiden Reccep Tayyip Erdogan mengusulkan pembentukan dewan kerja sama Indonesia dan Turki guna mengembangkan potensi relasi kedua negara. Usulan ini disampaikan saat bertemu dengan Wakil Presiden RI, Jusuf Kala, di Istanbul, Jumat (20/10/2017).

“Yang menonjol pada pertemuan ini, disarankan dibentuk High Level Strategic Council yang bersifat rutin. Iintinya pembentukan forum komunikasi untuk membahas pengembangan kerja sama antara kedua negara di berbagai bidang,” ujar Duta Besar RI untuk Turki, Wardana.

Menurut Wardana, JK sangat mengapresiasi usulan ini. Kedua pemimpin negara akhirnya mempercayakan pembentukan dewan tinggi ini kepada menteri luar negeri mereka. “Kedua menteri luar negeri telah ditugaskan untuk menindaklanjuti pembentukan high level tersebut,” kata Wardana.

Dalam pertemuan itu, Erdogan juga menekankan kembali isi perbincangannya dengan Presiden Joko Widodo, yaitu peningkatan dan pengembangan kerja sama ekonomi, baik itu dari sektor perdagangan, energi, hingga industri pertahanan. (*)

BERITA REKOMENDASI