Eropa Respon Pembatalan Kesepakatan Nuklir Trump

Editor: Ivan Aditya

AMRIKA, KRJOGJA.com – Para pemimpin Eropa seperti Prancis, Inggris dan Jerman memberi respons atas keputusan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang batal mengesahkan kesepakatan nuklir Iran yang telah dicapai pada 2015 lalu.

Para pemimin negara besar Eropa tersebut juga meminta Trump untuk tidak mengambil keputusan lain yang dapat membahayakan sebagai dampak tidak disahkannya kesepakatan tersebut, misalnya menjatuhkan lagi sanksi kepada Iran.

"Kami mendorong Pemerintah AS dan Kongres untuk mempertimbangkan implikasi keamanan AS dan sekutu-sekutunya sebelum mengambil langkah-langkah yang dapat merusak JCPOA, seperti menjatuhkan sanksi kepada Iran yang diangkat berdasarkan kesepakatan," kata Presiden Emmanuel Macron, Kanselir Angela Merkel dan Perdana Menteri Theresa May dalam sebuah pernyataan.

Ketiga pemimpin tersebut, yang telah setuju sebelum pengumuman Trump, menekankan bahwa mereka mendukung kesepakatan penting tersebut.

Mereka juga mengatakan bahwa mereka berbagi keprihatinan dengan AS mengenai program rudal balistik Iran dan kegiatan regional di sana. Ketiga pemimpin juga meyatakan siap untuk bekerja sama dengan Washington untuk menangani masalah tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI