Fasilitas Nuklir Kanada Salah Kirim Pesan Peringatan

TORONTO, KRJOGJA.com – Peringatan darurat berisi insiden yang bersumber dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Kanada terkirim secara tidak sengaja.

Mengutip BBC, Senin (13/1/2020) pesan peringatakan itu dikirim ke sejumlah ponsel pada Minggu 12 Januari 2020, dan memperingatkan orang-orang yang berada dalam jarak 10 km dari fasilitas waspada.

Pesan peringatan itu dibuat oleh Pusat Operasi Darurat Provinsi Ontario. "Sebuah insiden dilaporkan di Pickering Nuclear Generating Station. Tidak ada pelepasan radioaktivitas abnormal dari stasiun dan staf darurat sudah mengamankan situasi. Orang-orang di dekat Pickering Nuclear Generation tidak perlu mengambil tindakan perlindungan pada saat ini," isi pesan peringatan tersebut.

Pesan kedua dikirimkan hampir dua jam kemudian dengan mengatakan bahwa pesan peringatan pertama adalah kesalahan.

Ontario Power Generation, yang menjalankan fasilitas nuklir mengatakan bahwa pesan terkirim karena karena kesalahan.

"Tidak ada bahaya bagi masyarakat atau lingkungan," isi pesan kedua perusahaan tersebut.

Wali Kota Pickering Dave Ryan meminta dilakukan penyelidikan penuh terkait insiden salah pengiriman pesan tersebut.

"Seperti banyak dari Anda, saya menerima pesan peringatan darurat pagi ini. Saya merasa lega bahwa tidak ada keadaan darurat, [tapi] saya kecewa karena ada kesalahan seperti ini," cuit Dave Ryan.

Fasilitas pembangkit listrik tenaga nuklir, itu terletak di tepi Danau Ontario, sekitar 50 km dari Toronto. PLTN itu mulai beroperasi pada tahun 1971 dan merupakan salah satu yang terbesar di dunia. (*)

BERITA REKOMENDASI