FBI Rilis Dokumen Bill Clinton

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Perserteruan antara FBI dengan calon presiden Amerika Serikat (AS), Hillary Clinton dan pendukungnya memasuki babak baru. Setelah sebelumnya mengusik skandal email Hillary, kini FBI merilis dokumen terkait suami Hillary, Bill Clinton.

FBI merilis 129 halaman dokumen tahun 2001 terkait penyelidikan terhadap pengampunan kontroversial yang diberikan Bill Clinton kepada buronan federal Marc Rich. “Rilis awal ini terdiri materi dari file FBI terkait dengan William J Clinton Foundation, sebuah organisasi nirlaba,” bunyi pernyataan FBI di situsnya.

“Sebagian besar catatan tersebut berasal dari penyelidikan tahun 2001 terhadap pengampunan Marc Rich (1934-2013), alias Marcell David Reich, oleh Presiden Clinton pada tahun 2001, ditutup pada 2005. Materi yang berat untuk disunting karena perlindungan terhadap privasi pribadi dan aturan kerahasiaan dewan juri,” sambung pernyataan itu.

Rich adalah pemodal yang merlarikan diri ke Swiss setelah didakwa atas beberapa tuduhan federal, termasuk penggelapan pajak pada tahun 1983. Motif Clinton untuk mengampuni Rich sempat dipertanyakan oleh mantan istrinya, Denise Rich, yang merupakan donatur Partai Demokrat.

Dalam pernyataannya, FBI mengatakan bahwa materi yang dirilis tiga kali atau lebih dari ketentuan Freedom of Informatioan Act sehingga secara otomatis dibuat tersedia untuk publik. (*)

BERITA REKOMENDASI