Fidel Castro Ultah, Warga Kado Cerutu Sepanjang 90 Meter

HAVANA (KRjogja.com) – Warga Kuba memecahkan rekor dengan membuat cerutu terpanjang di dunia. Cerutu yang berukuran fantastis (90 meter) tersebut didekasikan sebagai hadiah ulang tahun (ultah) ke-90 dari tokoh revolusi di Kuba, Fidel Castor.

Dilaporkan, Fidel Castro yang memimpin revolusi di Kuba pada 1959 memang terkenal sebagai perokok. Ia selalu tertangkap kamera sedang menghisap cerutu Kuba yang terkenal di dunia, sebagai salah satu cerutu terbaik di dunia. Namun, Castro memutuskan berhenti merokok pada 1985.

“Saya ingin mendedikasikan ini (cerutu sepanjang 90 meter) untuk Comandante Fidel Castro tercinta,” ujar Jose Castelar Cairo, pemilik pabrik pembuatan cerutu yang mengagaskan ide membuat cerutu super panjang tersebut, sebagaimana dikutip dari Reuters, Sabtu (13/8/2016).

Dilaporkan, ini bukan pertama kalinya Cairo membuat cerutu terpanjang. Pasalnya, ia sebelumnya juga pernah mencatat rekor dunia membuat cerutu terpanjang. Namun, cerutu berukuran 90 meter ini dikabarkan mengalahkan rekor terdahulu miliknya.

Cerutu merupakan bagian dari produk khas dari Kuba yang tercatat dalam buku sejarah. Cerutu Kuba menjadi terkenal ketika Christopher Columbus pada 1492 berlayar ke Pulau Karibia dan melihat warga asli di sebuah pulau (kini Kuba) yang menghisap daun tembakau. (*)

 

 

BERITA REKOMENDASI