Filipina Pastikan ISIS Segera Menyerah

Editor: Ivan Aditya

FILIPINA, KRJOGJA.com – Militer Filipina mengatakan sejumlah tanda-tanda menunjukkan militan ISIS yang selama hampir empat bulan terakhir menguasai Marawi akan segera menyerah. Perkiraan ini muncul setelah pasukan Filipina memberi tawaran dan mendesak puluhan pejuang ISIS di kota bermayoritaskan Muslim itu untuk menyerahkan diri jika ingin selamat.

"Semoga mereka akan menyerah dalam waktu beberapa hari ke depan. Ada sejumlah pertanda, benar-benar ada pertanda," ucap juru bicara militer, Kolonel Romeo Brawner.

Melalui pengeras suara, tentara di Marawi mendesak sedikitnya 60 pejuang ISIS yang tersisa di kota itu untuk melucuti senjata, menanggalkan baju hitam mereka, dan berjalan ke lokasi yang telah ditentukan militer.

Tawaran ini muncul setelah Presiden Rodrigo Duterte menerapkan strategi baru untuk memulai pembicaraan dengan militan, di mana eks Walikota Marawi Omar Solitario Ali dijadikan perantara pemerintah.

Meski begitu, Duterte menolak tawaran untuk melepaskan para militan ISIS dengan imbalan pembebasan puluhan warga sipil yang masih menjadi sandera. (*)

BERITA REKOMENDASI