Filter Udara Panas Pembunuh Corona Ditemukan

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Peneliti di University of Houston baru-baru ini mengembangkan sistem penyaring atau filtrasi yang dapat langsung menetralisir dan membunuh 99,8 persen virus corona Covid-19 dalam satu kali penyaringan.

Penemuan yang dipublikasi di Materials Today itu menyebutkan bahwa penyaring udara mampu menangkap dan membunuh Covid-19. Sistem penyaringan ini mengeluarkan hawa yang sangat panas untuk membunuh Covid-19.

“Filter ini dapat berguna di bandara dan di pesawat terbang, di gedung perkantoran, sekolah, dan kapal pesiar untuk menghentikan penyebaran Covid-19,” kata salah satu penulis studi Zhifeng Ren.

Studi ini mencatat bahwa virus corona keseluruhan tidak dapat bertahan terhadap suhu di atas 158 derajat. Oleh karena itu, sistem penyaringan berjalan sangat panas hingga 392 sehingga disebut dapat secara efektif membunuh virus corona saat kontak.

Sistem itu sendiri sebagian besar terdiri dari busa nikel. Ren menjelaskan penggunaan busa nikel adalah kuncinya karena membantu tim peneliti memenuhi sejumlah persyaratan desain integral.

“Itu berpori dan fleksibel memungkinkan aliran udara, dan konduktif secara elektrik, yang memungkinkannya untuk dipanaskan,” kata Ren yang juga merupakan Profesor Fisika di Universitas Houston. (*)

BERITA REKOMENDASI