Fokus Penelitian Kesehatan Ibu dan Anak

Editor: Ivan Aditya

WANITA berjilbab dan berjas putih itu tampak sibuk. Duduk di salah satu sudut lab, kedua tangannya tak henti-hentinya memindahkan berbagai cairan di botol-botol mini di depannya menggunakan alat khusus. Tatapan matanya juga tidak pernah lepas dari pengamatan benda di depannya. Meski di ruangan tersebut kedatangan banyak tamu, ia tidak memperhatikannya.

Itulah salah satu aktivitas di Pusat penelitian Nutricia di Biopolis Singapura. Di tempat inilah SGM Eksplor dirancang dengan penelitian panjang, selanjutnya diproduksi oleh Sarisuhada yang merupakan bagian dari kelompok usaha Danone Early Life Nutrition (ELN) di Indonesia.

Wartawan KR Ahmad Luthfie yang pekan lalu berkesempatan mengunjungi laboratorium tersebut menyaksikan banyak peralatan canggih yang digunakan untuk melaksanakan proses penelitian. Hanya saja apa yang ada dan aktivitas di dalam laboratorium tidak boleh dipotret.

Antara lain simulator pencernaan pada anak. Simulator ini yang pertama di dunia. Dalam simulator memiliki beberapa tabung yang menggambarkan kondisi pencernaan anak. Simulator dikontrol melalui komputer dan memasukkan enzim yang mirip pada bagian lambung hingga usus anak, sehingga dapat diketahui efek terhadap setiap percobaan dalam formulasi susu. Ada juga kulkas yang super dingin, sehingga sampel penelitian bisa bertahan sampai 10 tahun.

Menurut Pui Kuun Ng, R&D Communication Manager Nutricia Research Center Biopolis Singapura, laborarorium ini memiliki fokus penelitian pada kesehatan ibu dan anak. Berbagai pakar dalam bidang daya tahan tubuh (immunology), nutrition programming, sistem pencernaan lambung dan studi klinis bekerja di fasilitas ini.

"Sebagai bagian dari misi kami membawa kesehatan melalui makanan bagi sebanyak mungkin manusia, kami menggabungkan ilmu pengetahuan, pengalaman dan keahlian yang kami miliki untuk pengembangan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan anak di setiap tahapan tumbuh kembang mereka," jelasnya.

Fasilitas penelitian yang dilengkapi dengan teknologi modern ini menggandeng lebih dari 400 ilmuwan dan tenaga ahli di berbagai universitas dan institusi riset di lebih dari 35 negara, termasuk Indonesia, dalam mengembangkan dan menghasilkan berbagai produk Danone.

Melalui jaringan kerjasama global dan pengalaman lokal inilah SGM Eksplor hadir sebagai produk susu pertumbuhan dengan nutrisi yang dirancang untuk anak Indonesia sesuai pola diet masyarakat Indonesia, dari hasil penelitian dan pengembangan selama lebih dari 60 tahun.

SGM Eksplor memang merupakan salah satu produk susu pertumbuhan yang lahir dari kolaborasi dan best practice sharing antara jaringan ilmuwan dunia di pusat penelitian dan pengembangan (R&D) Nutricia di Singapura dan Belanda serta tenaga ahli Sarihusada di Yogyakarta. (Bersambung)

BERITA REKOMENDASI