Gempa 6,3 SR Guncang Filipina

Editor: Ivan Aditya

FILIPINA, KRJOGJA.com – Gempa berkekuatan 6,3 skala Richter mengguncang Filipina pada Jumat (25/12), menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). Warga Ibu Kota Manila melaporkan gedung-gedung berguncang dan misa Hari Natal terganggu tetapi tidak ada laporan kerusakan.

Gempa terjadi di provinsi Batangas di pulau utama Luzon pada kedalaman 114 kilometer pada 07.43 pagi waktu setempat, menurut USGS. USGS awalnya mengatakan kekuatan gempa itu 6,2 dan kedalaman 108 kilometer.

Di kota pesisir Calatagan, sekitar 90 kilometer selatan Manila dan dekat pusat gempa, orang-orang yang menghadiri misa Natal tetap tenang saat gempa terjadi, kata kepala polisi Mayor Carlo Caceres.

“Ada jeda dalam kebaktian gereja, tetapi orang-orang tidak panik. Daerah ini rawan gempa dan orang-orang sedikit banyak terbiasa dengan fenomena alam tersebut.”

Tidak ada laporan kerusakan atau korban di daerah itu, tambahnya. Filipina terletak di Cincin Api Pasifik, busur aktivitas seismik yang membentang dari Jepang hingga Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik. (*)

BERITA REKOMENDASI