George Weah Janji Berantas Korupsi

MONROVIA, KRJOGJA.com – Presiden terpilih Liberia, George Weah, menyatakan bahwa negaranya kini terbuka terhadap investasi. Ia juga berjanji akan mengatasi korupsi yang mengakar. 

Hal tersebut disampaikan dalam pidato pertamanya kepada sejak memenangkan pemilihan secara meyakinkan minggu ini. Pidato tersebut disiarkan di seluruh negeri yang berpenduduk lima juta orang tersebut.

Berbicara di depan wartawan dan ajudan pada sebuah ruang konferensi kecil di markas partainya, Weah mengucapkan terima kasih kepada pendahulunya, peraih Nobel Perdamaian Ellen Johnson Sirleaf, karena memungkinkan transisi demokratis pertama di Liberia lebih dari 70 tahun namun mengatakan bahwa dia bertekad untuk mengantarkan perubahan.

"Mereka yang ingin menipu rakyat Liberia melalui korupsi tidak akan memiliki tempat," kata Weah, dilanisr dari Reuters, Minggu (31/12/2017).

Pria berusia 51 tersebut juga menyinggung serangkaian skandal profil tinggi yang telah mencoreng kepresidenan Johnson Sirleaf selama 12 tahun.

Weah, yang merupakan mantan bintang sepak bola yang menjadi satu-satunya orang Afrika yang memenangkan FIFA World Player of the Year pada 1995, mencetak kemenangan telak atas Wakil Presiden Joseph Boakai pada pemilu yang digelar pada Selasa 26 Desember.

Dia menghadapi harapan tinggi dari basis pendukung mudanya, yang berharapan menurunnya angka pengangguran dan kemiskinan yang merajalela. Namun skeptisisme dari orang lain menganggap Weah kurang pengalaman dan pengetahuan untuk tugas seperti itu. (*)

 

BERITA REKOMENDASI