Giliran Australia Larang Penerbangan dari Afsel

Editor: Ivan Aditya

AUSTRALIA, KRJOGJA.com – Australia melarang penerbangan dari sembilan negara Afrika selatan pada hari Sabtu (27/11), memperketat perbatasannya untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 Omicron. Warga non-Australia yang mengunjungi Afrika Selatan, Zimbabwe dan beberapa negara lain dalam dua minggu terakhir juga akan dilarang masuk Australia, kata Menteri Kesehatan Greg Hunt.

Warga negara dan penduduk yang bepergian dari negara-negara yang terdaftar harus dikarantina selama 14 hari. “Ini adalah tindakan yang kuat, cepat, tegas dan segera,” kata Hunt kepada media di Canberra.

Para ilmuwan berlomba untuk memahami bagaimana perilakunya, tetapi ada kekhawatiran bahwa strain itu mungkin lebih menular atau membuat vaksin yang ada menjadi kurang efektif.

Organisasi Kesehatan Dunia mendaftarkan Omicron sebagai varian kekhawatiran dan mengatakan perlu beberapa minggu untuk mengetahui apakah ada perubahan signifikan dalam penularan, tingkat keparahan, atau implikasi untuk vaksin, tes, dan perawatan Covid. (*)

BERITA REKOMENDASI