Giliran China Tes Rudal Baru

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Pertahanan China mengumumkan bahwa militer Beijing berhasil menguji tembak jenis rudal baru ke Teluk Bohai di dekat Semenanjung Korea. Tes rudal baru ini diluncurkan di tengah kemarahan China atas pengerahan sistem rudal pertahanan THAAD Amerika Serikat (AS) di Korea Selatan.

Kementerian itu pada hari Rabu kemarin mengatakan, tes rudal dilakukan baru-baru ini di Teluk Bohai dan mencapai hasil yang diharapkan. Tidak dijelaskan rincian jenis rudal yang diuji tembak dan tanggal uji coba.

Teluk Bohai terletak di sebelah barat Laut Kuning, yang memisahkan China dari Semenanjung Korea. Kementerian Pertahanan China pada bulan lalu berjanji akan terus menguji jenis senjata baru di bawah kondisi yang mensimulasikan perang yang sesungguhnya.

Ahli militer dan komentator stasiun televisi Phoenix Hong Kong, Song Zhongping, mengatakan, senjata China yang diuji tembak itu kemungkinan merupakan rudal jarak menengah DF-26. Rudal ini dikembangkan untuk menenggelamkan kapal perang, termasuk kapal induk AS.

Menurut Song, Teluk Bohai adalah lokasi pilihan untuk tes rudal semacam itu karena merupakan wilayah perairan teritorial China. Rudal DF-26, kata Song, bisa berguna melawan THAAD AS. China juga memiliki beberapa rudal lain yang sesuai dengan tugasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI