Giliran Putin Jatuhkan Sanksi

Editor: Ivan Aditya

RUSIA, KRJOGJA.com – Presiden Vladimir Putin memberlakukan pembatasan visa bagi warga dari negara yang masuk kategori tak bersahabat sebagai balasan atas sanksi yang dijatuhkan terhadap Rusia akibat invasi di Ukraina. Putin mengumumkan pembatasan visa itu melalui dekrit presiden yang berlaku mulai Senin (04/04/2022).

Secara keseluruhan, dekrit itu menangguhkan pemberian visa dengan jalur cepat bagi sejumlah negara Uni Eropa, juga Norwegia, Swiss, Denmark, dan Islandia. Melalui dekrit itu, Putin juga memerintahkan Kementerian Luar Negeri Rusia dan badan-badan lainnya untuk memutuskan lebih lanjut terkait pembatasan masuk bagi individu-individu tertentu.

Individu itu dapat menjadi sasaran dekrit jika merupakan warga asing dan orang tak punya kewarganegaraan yang melakukan tindakan tak bersahabat terhadap Rusia, warganya, dan entitas legal lainnya.

Rusia sendiri mengumumkan daftar negara tak bersahabat pada awal Maret lalu sebagai tanda protes terhadap pihak-pihak yang menjatuhkan sanksi akibat invasi Kremlin di Ukraina. (*)

BERITA REKOMENDASI